Rabu, 14 Oktober 2015


 BANK INDONESIA SOLO
(DE JAVASCHE BANK AGENTSCHAP SOERAKARTA)



Terletak di Jalan Jenderal Sudirman Solo, gedung Bank Indonesia cabang Solo adalah sebuah bangunan peninggalan De Javasche Bank Agentschap Soerakarta yang didirikan pada tahun 1867. DJB adalah sebuah bank sirkulasi milik pemerintah Hindia Belanda yang bertugas untuk mencetak dan mengedarkan uang. De Javasche Bank Agentschap Soerakarta sendiri merupakan kantor cabang keenam setelah Semarang, Surabaya, Padang, Makassar, dan Cirebon.

Presiden DJB, CFW Wiggers Van Kerchem menyatakan pendirian  kantor cabang Solo (Agentschap Soerakarta) melalui prosedur rapat umum pemegang saham luar biasa dengan surat keputusan No. 15 Tanggal 23 Oktober 1867.
Bangunan yang terletak disamping kantor pos pusat Kota Solo tersebut pada zaman dahulu pernah digunakan Perdana Menteri Sutan Sjahrir beserta kabinetnya membahas revolusi di Surakarta bersama dengan Sri Susuhunan Pakubuwono XII dan Sri Mangkunegoro VIII.

Pada masa pendudukan Jepang DJB Soerakarta pernah ditutup dan kemudian dibuka kembali pada tahun 1951 dan menjadi bagian dari nasionalisasi Bank Indonesia. Kini bangunan rancangan biro arsitek Belanda Hulswitt, Fermont dan Ed Cuypers tersebut menjadi salah satu bangunan cagar budaya (BCB) di Kota Solo.



__________________________
PRIMA UTAMA / 2015 / WA: 085725571790 / INSTA: @primautama  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar