Minggu, 08 November 2015

CANDI PLAOSAN

Candi Plaosan adalah sebuah komplek candi Budha yang terletak di Dukuh Plaosan Desa Bugisan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Candi ini terletak tak jauh dari komplek Candi Sewu. Bukti bahwa Candi Plaosan adalah candi Budha yaitu adanya kemuncak stupa, arca Budha, serta candi pewara atau pendamping yang berbentuk stupa yang lazim ditemui di beberapa bangunan candi Budha lainnya.

Komplek Candi Plaosan dibangun pada abad ke 9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno.
Candi Plaosan sendiri terbagi menjadi dua komplek, yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.

Pada komplek Candi Plaosan Lor terdapat dua candi utama, yakni candi yang berada disebelah kiri (utara) sebagai Candi Induk Utara dengan gambar relief tokoh-tokoh wanita serta candi yang berada disebelah kanan (selatan) sebagai Candi Induk Selatan dengan gambar relief tokoh-tokoh laki-laki.
Pada masing-masing candi induk terdapat 6 patung arca Dhyani Boddhisatwa. Walaupun candi ini adalah candi Budha, namun arsitek candi merupakan perpaduan antara agama Budha dan Hindu.







Komplek Candi Plaosan Tahun 1946 (Leiden)



4 komentar:

  1. Yogi Adi Dharma - My heart is entirely yours https://www.youtube.com/watch?v=UWBCP0cqY-E

    BalasHapus
  2. Apa itu pesugihan gunung Kemukus https://www.youtube.com/watch?v=33R53-Tka1A

    BalasHapus
  3. Manfaat puasa hari penglahiran atau puasa weton https://www.youtube.com/watch?v=BDoSgUlQ0u4

    BalasHapus
  4. 18 Ciri istri selingkuh https://www.youtube.com/watch?v=jWn_BkzE9V0&t=637s

    BalasHapus