Minggu, 08 November 2015

SUIKER FABRIEK (PABRIK GULA) KEDUNGBANTENG SRAGEN

Pabrik Gula Kedung Banteng adalah salah satu pabrik gula yang pernah berdiri di Kabupaten Sragen selain Pabrik Gula Modjo. Pabrik ini terletak di Kecamatan Gondang Sragen. Tidak banyak catatan sejarah mengenai pabrik gula ini.
Menurut sebuah referensi yang bersumber dari warga sekitar, pabrik gula tersebut dibangun dikisaran tahun 1880-an. Operasional pabrik gula ini tidaklah lama. Hal ini dikarenakan lokasi bangunan pabrik yang tidak sesuai dengan rencana awal pembangunannya.

Pada mulanya pabrik tersebut direncanakan dibangun disebelah selatan jalur kereta api milik Staat Spoorwegen (SS) karena melimpahnya jumlah air disana. Namun pada kenyataannya pemborong pabrik justru membangun pabrik disebelah utara jalur kereta milik SS.

Tak banyak yang tersisa dari Pabrik Gula Kedungbanteng. Bangunan utama pabrik sendiri telah dirubuhkan oleh warga sekitar atas inisiatif masyarakat. Kini yang tersisa hanyalah bekas rumah pegawai pabrik dan rumah administrateur PG Kedungbanteng.
Disisi timur pabrik berdiri sebuah stasiun kecil (halte) bernama Stasiun Kedungbanteng. Pada masanya stasiun tersebut digunakan untuk mendistribusikan tetes tebu yang dihasilkan oleh PG Kedungbanteng.

Di daerah Ngrampal Sragen masih bisa dijumpai bekas jembatan lori peninggalan PG Kedungbanteng yang kini masih dimanfaatkan warga sebagai jembatan penyeberangan. Dulu masyarakat disekitar menyebut pabrik gula ini dengan nama Sido Wurung.


Monumen Pabrik Gula Kedungbanteng


Bekas Rumah Pegawai PG Kedungbanteng

Bekas Rumah Kepala PG Kedungbanteng

Bekas Rumah Pegawai PG Kedungbanteng

Reruntuhan Loji PG Kedungbanteng

Stasiun Kedungbanteng


Bekas Jembatan Lori PG Kedungbanteng di Ngrampal





3 komentar:

  1. Manteb tuhh :v deket SMA ane :v agak kebarat lagi ada halte kecil

    BalasHapus
  2. Mas Jembatan Lori nya di Ngrampal sebelah mana ya, di dusun apa dan desa apa? Salam Budaya

    BalasHapus
  3. Kalau nggak salah jembatan yang dari dukuh Toyoga arah ke Mahbang

    BalasHapus