Minggu, 08 November 2015

BALAI SOEDJATMOKO

Balai Soedjatmoko adalah sebuah bangunan kuno yang masuk dalam jajaran bangunan cagar budaya yang ada di Kota Solo yang berdiri di Jalan Slamet Riyadi.
Soedjatmoko adalah seorang tokoh penting yang memiliki banyak kiprah dalam perpolitikan di Indonesia. Tercatat beliau pernah menjadi anggota Partai Sosialis Indonesia (PIS), delegasi PBB, delegasi Konferensi Asia Afrika, dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat.

Balai Soedjatmoko pada awalnya adalah rumah ayahanda Dr. Soedjatmoko yang bernama Prof. Dr. KRT. Mohammad Saleh Mangundiningrat. Beliau adalah seorang dokter Kraton Kasunanan Surakarta.

Soedjatmoko lahir di Sawahlunto pada tahun 1922, namun saat pendudukan Jepang di Indonesia beliau pindah dan menetap di Solo hingga wafat di Yogyakarta pada tahun 1989.
Bangunan rumah tua bergaya kolonial tersebut kini telah dibeli oleh grup Kompas Gramedia untuk dijadikan toko buku.
Setelah melalui renovasi bangunan tersebut kini banyak dimanfaatkan sebagai tempat pementasan pertunjukan, pameran, bedah buku, dan lain-lain. Penamaan balai Sudjatmoko sendiri bertujuan untuk melacak jejak teladan kecendikiawanan Soedjatmoko.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar