Minggu, 08 November 2015

CANDI GANA

Candi Gana adalah sebuah candi kecil yang terletak disebelah timur Candi Sewu atau tepatnya di Dusun Bener Desa Bugisan Prambanan Klaten. Candi ini juga akrab dipanggil Candi Asu karena disalah satu batu terdapat relief singa yang menyerupai sosok anjing. Hal ini juga dikarenakan di Jawa tidak terdapat singa, sehingga bentuk anjing dijadikan inspirasi dalam pembuatan patung singa.

Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 9 oleh dinasti Syailendra yang juga membangun Candi Borobudur. Hal ini didasarkan pada bentuk pelipit dan sisi genta yang ada pada candi yang lazim ditemui pada masa itu.

Candi Gana kondisinya memang sudah tidak utuh lagi namum bagian-bagian penting candi masih bisa terlihat seperti: relief, jaladwara, dan batu berornamen lainnya. Dibagian candi ini juga terdapat arca Kinara dan Kinari yakni makhluk mitologi setengah manusia dan burung yang dikisahkan memainkan musik didalam surga.

Candi ini merupakan candi Budha karena banyak ditemukan puncak stupa diarea sekitar reruntuhan candi. Candi ini berfungsi sebagai subordinat dari Candi Sewu yang menjadi pusatnya. Bersama – sama dengan candi kecil lainnya mereka membentuk mandala atau simbol lingkaran alam semesta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar