Minggu, 08 November 2015

SUIKER FABRIEK (PABRIK GULA) TASIKMADU KARANGANYAR

Pabrik Gula Tasikmadu adalah sebuah pabrik gula yang pendiriannya di prakarsai oleh salah satu bangsawan pribumi yaitu KGPAA Mangkunegara IV yang memimpin Kraton Mangkunegaran kala itu. Pendirian pabrik gula ini dilakukan pada tahun 1871 atau 10 tahun berselang setelah pendirian pabrik gula Colomadu yang juga milik KGPAA Mangkunegara IV. Kemajuan industri gula dimasa itu memang membuat Mangkunegara IV kepincut untuk beriventasi di bidang industri gula.
Dahulu lokasi tempat berdirinya Pabrik Gula Tasikmadu bernama Desa Sondokoro. Namun saat Mangkunegara IV hendak mendirikan pabrik gula di area tersebut, nama Sondokoro di ganti dengan nama Tasikmadu yang berarti danau madu. Nama tersebut mungkin adalah sebuah pengharapan layaknya nama pada Pabrik Gula Colomadu yang berarti gunung madu yang diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyat sekitarnya.
Pabrik Gula Tasikmadu sendiri berdiri diatas lahan seluas 28,364 hektar milik Kraton Mangkunegaran.
Seiring berjalannya waktu, pengelolaan pabrik kini dilakukan oleh pemerintah melalui PTPN IX. Usia bangunan pabrik gula yang sudah tua serta banyaknya alat-alat giling
yang berangka lawas membuat pemerintah menjadikan pabrik gula ini sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) yang harus dilindungi dan dilestarikan.
Pada tahun 2006 disekitar halaman pabrik didirikan sebuah taman wisata bernama Agrowisata Sondokoro. Taman tersebut selain sebagai tempat wisata juga berfungsi sebagai tempat edukasi sejarah Pabrik Gula Tasikmadu bagi masyarakat.

PG Tasikmadu

Sisi Selatan PG Tasikmadu

Mesin Giling PG Tasikmadu


Monumen Lokomotif PG Tasikmadu


Monumen Lokomotif dan Loko Don PG Tasikmadu

Monumen Lokomotif PG Tasikmadu (Gauge 1067)

Lori Bader PG Tasikmadu

Kereta Milik Mangkunegara IV (Kremon)

Kereta Kuda (Bendi) Milik Mangkunegara IV


Kereta Wisata Agro Sondokoro


Bekas Jembatan Lori PG Tasikmadu di Sisi Utara


Bekas Jembatan Lori PG Tasikmadu di Sisi Selatan


Rumah Administrateur PG Tasikmadu

Gazebo Rumah Administrateur PG Tasikmadu










Tidak ada komentar:

Posting Komentar