Minggu, 08 November 2015

 STASIUN SOLO KOTA (SANGKRAH)

Stasiun Solo Kota adalah salah satu stasiun kereta api yang berada di Kota Solo atau tepatnya di Kelurahan Sangkrah Kecamatan Pasar Kliwon. Stasiun ini juga akrab dipanggil Stasiun Sangkrah karena posisinya yang berada tepat di samping Pasar Sangkrah. Jika dibandingkan dengan stasiun kereta lainnya di Kota Solo, Stasiun Sangkrah adalah stasiun terkecil.

Stasiun yang berdiri diketinggian 85 meter diatas permukaan air laut ini didirikan oleh perusahaan kereta api Hindia Belanda Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) yang menghubungkan Kota Solo dengan Kota Wonogiri. Tahun 1922 adalah tahun awal operasional stasiun ini.
Seiring dengan berkembangnya moda transportasi berbasis jalan raya, stasiun ini sering mengalami mati suri. Dahulu hanya kereta feeder Wonogiri yang singgah di stasiun ini. Kini kereta tersebut telah digantikan dengan Rail Bus Batara Kresna. Selain melayani perjalanan kereta regular, stasiun ini juga dijadikan tempat pemberhentian kereta wisata Jaladara dari Stasiun Purwosari.    



Emplasemen Stasiun Solo Kota

Rail Bus Batara Kresna Menuju Stasiun Solo Kota

1 komentar: